Materi Ajar Kelas 1 Tema 6 Subtema 4 (25 Februari 2020)
MATERI AJAR
Hari / Tanggal : Selasa, 25 Februari 2020
Kelas : 1 (Satu)
Tema : Lingkungan Bersih dan Sehat
Subtema : Bekerja Sama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan
Ayo Berkreasi
Dayu menghias pensil dengan bulu ayam.
Dayu bekerja sama dengan teman-temannya.
Amati langkah-langkah berikut.
1. Siapkan bulu ayam, pensil, lem, kain planel/pita, dan gunting.
2. Berikan lem di sekeliling pensil bagian atas.
3. Tempelkan bulu ayam pada bagian yang sudah diberi lem.
4. Tempelkan planel atau pita agar rapi.
5. Dengan demikian pensil sudah dihias.
Beni dan Edo mengamati gerakan ayam. Ada yang berjalan, berlari, dan meloncat. Saat meloncat, ayam bertolak, melayang, dan mendarat. Tuliskan gerakan ayam di bawah gambar.
Ayo Membaca
Beni pulang ke rumah. Ayah mengajaknya bercakap-cakap. Bacalah percakapan berikut.
Ayah : Dari mana, Beni?
Beni : Dari rumah Edo, ayah. Edo memelihara banyak ayam di rumahnya.
Ayah : Kita boleh memelihara hewan. Hewan peliharaan tidak boleh mengganggu tetangga. Kita harus menjaga lingkungan bersama-sama.
Beni : Edo memiliki kandang besar. Kandang dibersihkan setiap hari.
Ayah : Hewan adalah makhluk Tuhan. Kita wajib merawatnya. Cucilah tanganmu. Di meja ada pisang rebus.
Beni : Terima kasih, ayah.
Ayah : Jangan lupa cuci tanganmu sesudah makan.
Beni : Baik ayah.
Amati percakapan Beni dan ayahnya.
Manakah ungkapan yang memberitahukan sesuatu?
Beri tanda √ jika ungkapan pemberitahuan. Beri tanda × jika bukan ungkapan pemberitahuan.
Buatlah lima kalimat tentang Edo.
Gunakan kata-katamu sendiri.
1. _____________________________________________
2. _____________________________________________
3. _____________________________________________
4. _____________________________________________
5 _____________________________________________
Bacalah percakapan Udin dan Edo berikut ini.
Udin : Apa yang sedang kamu lakukan, Edo?
Edo : Aku baru saja menangkap ayam. Hujan sangat deras. Ayamku lepas dari kandang. Bulu ayam berserakan di mana-mana. Sekarang semua sudah bersih.
Udin : Betul, Edo. Rumah kita harus bersih. Edo, pohon di dekat rumahku patah. Orang- orang sedang bekerja bakti. Aku ingin mengajakmu bekerja bakti.
Edo : Wah, kebetulan. Tugasku sudah selesai. Rumahku sudah bersih. Aku pamit ibuku dahulu.
Amati kembali percakapan Udin dan Edo.
Manakah yang termasuk kalimat pemberitahuan?
Sebutkan. Tuliskan di tempat tersedia.
1. ____________________________________________
2. ____________________________________________
3. ____________________________________________
4. ____________________________________________
5. ____________________________________________
Amatilah gambar berikut ini.
Hitunglah banyak bunga, kerikil, daun di dalam
kotak.
Berapa banyak bunga, kerikil, dan daun di dalam
kotak?
Dapatkah kamu membilang seperti Udin?
Bekerja samalah mencari daun gugur. Kamu dapat membawanya dari rumah. Robeklah daun menjadi bagian kecil. Tempelkan dalam kotak berikut. Membilanglah bersama teman-temanmu.
Gunakan daun yang gugur. Robek menjadi bagian yang lebih kecil. Bagilah menjadi beberapa kelompok. Bagi menjadi 10 helai setiap kelompoknya. Dapat juga 20 helai setiap kelompoknya.
Membilanglah bersama teman-temanmu.
1. Kelompok daun yang banyaknya 64
2. Kelompok daun yang banyaknya 72
3. Kelompok daun yang banyaknya 85
4. Kelompok daun yang banyaknya 92
5. Kelompok daun yang banyaknya 98
Kamu dapat menggunakan benda lain selain daun. Gunakan benda yang sudah tak terpakai.
Udin senang ikut bekerja bakti.
Ia mengajak teman-temannya berdiskusi.
Mereka berdiskusi tentang aturan.
Bagaimana aturan menjaga lingkungan?
Bagaimana aturan bersikap kepada tetangga?
Setiap anak memberikan pendapatnya.
Aturan di Lingkungan Rumahku
1. ...
2. ...
3. ...
4. ...
5. ...
Komentar
Posting Komentar