MATERI AJAR KELAS 1 (23 JULI 2019)

PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH

Pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru berdasarkan peraturan menteri pendidikan  dan kebudayaan republiK Indonesia Nomor. 18 tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru.


TEMPAT IBADAH (MUSHOLA)
Mushola adalah tempat ibadah yang digunakan untuk sholat dan mengaji bagi umuat islam. Mushola  yang terdapat dilingkungan SD Al-Azhar 1 Badarlampung  terrletak  berdekatan dengan lapangan.  Seluruh siswa yangakan didampingi oleh 2 guru kelas akan mengunjungi letak mushola dan memperlihatkan serta menjelaskan apa saja kegiatan yang biasa dilakukan  dimushola tersebut.
Contoh :  Saat pagi hari ketika tahfiz selesai dilaksanakan siswa kelas tinggi mengadakan sholat dhuha bersama dan dilanjutkan dengan praktek pelaksanaan sholat dipandu guru agama (khusus kelas rendah siswa melaksanakan sholat dhuha dikelas masing-masing.

PERPUSTAKAAN
Perpustakan biasanya digunakan untuk mencari buku baik itu buku pelajaran maupun buku cerita yang dapat menambah pengetahuan baru bagi siswa yang membacanya. Perpustakaan SD Al-Azhar masih berdekatan dengan LAB Bahasa inggris dan kantin sekolah. Didalam perpustakaan kita dapatm  melihat berbagai macam buku mulai buku pengenalan abjad sampai buku untuk peninjang Ujian nasional kelas 6.

RUANG GURU SD ALAZHAR 1
Tempat dimana ruangan untuk guru SD Alazhar 1. Lokasinya berhadapan dengan koprasi sekolah

KOPERASI SEKOLAH
Ruangan dimana menyediakan berbagai alat kebutuhan sekolah seperti: pensil, penghapus buku dll
Bagian depan koprasi sekolah adalah ruangan untuk pembayaran Biaya sekolah atau pembayaran BPP

UKS
Bagi warga sekolah yang sakit biasanya meminta pertolongan suster, tepatnya orang yang menjadi petugas di UKS untuk meminta obat. Missal: sakit perut, pusing, terluka dll.

KANTOR KEPALA SEKOLAH DAN RUANG TATA USAHA
Kantor kepala sekoalah terletak di sebelah kiri dari gerbang utama sekolah, jika belok kiri langsung bertemu dengan ruang UKS maka dibagian ujungnya adalah kator kepala sekolah SD AL Azhar 1 yang berseberangan dengan kantor SD Alazhar 3 . diruangan kator ini dibagian luarrnya  akan ada ruang tata usaha. Dimana tata usaha bertugas mengatur kegiatan administrasi pendidikan.

LAB IPA
Lab Ilmu Pengetahuan Alam atau sering disebut Lab IPA terletak dilantai 2 (jika memungkinkan akan dikunjungi) .  Lab IPA ini biasanya digunakan oleh kelas tinggi untuk praktek. Karena diLab IPA Ini terdapat berbagai macam  kerangka-kerangka manusia,  dan berbagai alat-alat ujicoba lainnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penilaian Tengah Semester Genap Kelas 1 (3 April 2020)

Home Learning Kelas 1 Tema 7 Subtema 3 (17 Maret 2020)

Materi Ajar Kelas 1 Tema 2 Subtema 4 (16 September 2019)